color: #FF0000; Pilih Tidur Lebih Lama atau Olahraga? :: Nurdin Furry

Rabu, 09 Februari 2011

Pilih Tidur Lebih Lama atau Olahraga?

Akhir pekan, bagi banyak orang, adalah waktunya bersantai dan memperpanjang waktu tidur sebagai pengganti jam tidur yang habis disabotase pekerjaan. Apalagi, penelitian mengaitkan tidur dengan kesehatan.

Sayangnya, jika pilihannya adalah tidur lebih lama atau bangun untuk berolahraga, Anda disarankan untuk berolahraga.

"Menjaga kebugaran dengan bangun pada pagi hari bukan cuma membuat Anda lebih segar, tetapi juga membantu jam tubuh menetapkan ulang sehingga esoknya Anda lebih mudah bangun pagi," kata Shawn DYoungstedt, peneliti tidur dari University of South Carolina di Columbia, Amerika Serikat.

Penelitian menunjukkan, orang yang tidur tujuh jam setiap malam memiliki angka kematian lebih rendah ketimbang mereka yang tidur lebih dari 8 jam pada malam hari.

Akan tetapi, jika beberapa waktu terakhir ini Anda kurang tidur, misalnya karena baru punya bayi atau sedang menyiapkan diri untuk ujian akhir, Anda tidak disarankan mengorbankan waktu tidur Anda untuk olahraga.

Menurut peneliti dari National Sleep Foundation, waktu tidur yang kurang juga berkorelasi dengan depresi, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes.


Sumber : KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar